*** SELAMAT DATANG DI SITUS RESMI MTs NEGERI 1 BUKITTINGGI *** .
Banner
wikipedia Indonesiaedukasi
Login Member
Username:
Password :
Jajak Pendapat
Bagaimana penilaian Anda terhadap layanan publik MTsN 1 Bukittinggi?
Memuaskan
Kurang Memuaskan
Sangat Memuaskan
  Lihat
Statistik

Total Hits : 1821195
Pengunjung : 307298
Hari ini : 36
Hits hari ini : 185
Member Online : 469
IP : 34.238.189.240
Proxy : -
Browser : Opera Mini
:: Kontak Admin ::

indra_sentosa    haviandra
Agenda
27 March 2023
M
S
S
R
K
J
S
26
27
28
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
1
2
3
4
5
6
7
8

Kemeriahan Gebyar Prestasi Tsansa ke-8

Tanggal : 02/24/2023, 10:40:03, dibaca 160 kali.

Penulis : Syaqina Adisti K, Asy Syifa Lyana, dan Nabila Puti Indany (Anggota Ekskul Literasi, bid. Jurnalistik)
Editor: Nova Zamri



Baru-baru ini MTsN 1 Bukittinggi mengadakan acara Gebyar Prestasi. Kegiatan rutin yang dilaksanakan sekali setahun ini sudah memasuki usia yang ke-8. Kegiatan ini diadakan untuk menjadi ajang dan arena unjuk prestasi di berbagai bidang bagi siswa SD/MI yang ada di Kota Bukittinggi dan Kab. Agam Timur.

Kegiatan yang lebih dikenal dengan nama “Geby Tsansa” (Gebyar Prestasi Tsanawiyah Satu) dihadiri oleh banyak tamu. Tamu yang hadir antara lain Kepala Kantor Kementerian Agama, Ketua Dharmawanita Persatuan Kemenag Kota Bukittinggi, Ketua Komite beserta pengurus, Babinsa, delegasi Camat, lurah, RT, RW, perwakilan Dinas Kesehatan, Kepala Madrasah se-Kota Bukittinggi dan sejumlah tamu undangan lainnya. Tamu undangan tersebut disambut dengan Tari Pasambahan yang ditampilkan dengan apik oleh siswa.

Bidang lomba yang digelar pada Gebi Tsansa adalah Matematika, IPA (Ilmu Pengetahuan Alam), Pidato, dan solo song. Lomba terdiri dari dua babak, yaitu babak penyisihan dan babak final.

Lomba matematika dan IPA dilaksanakan secara daring dengan sistem CBT (Computer Based Test). Walaupun daring, peserta harus berada di lokasi madrasah dengan membawa gawainya masing-masing. Tentu saja dengan paket data internet yang cukup. Babak penyisihan mulai dilaksanakan pada pukul delapan pagi sampai dengan pukul sepuluh.

Pada lomba solo song dan pidato, pelaksanaannya agak berbeda. Peserta harus merekam dan mengunggah video lagu dan pidato mereka ke youtube dan mengirimkan tautannya ke panitia. Juri menilai video tersebut melalui tautan yang dikirimkan tadi. Untuk masuk ke babak final, dipilih masing-masing sepuluh video terbaik. Babak final dilaksanakan secara tatap muka di MTsN 1 Bukittinggi.

Acara menjadi menarik karena diawali dengan tiga orang pembawa acara yang membawakan tiga bahasa, yaitu bahasa Indonesia oleh Tiara, Inggris oleh Hasbi, dan Arab oleh Arsya. Acara dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al Quran oleh Tanti Anjelin yang baru saja juara 1 lomba Tahfiz tingkat MTs se-Sumatera Barat di Padang. Kemudian, Raihanul lutfi membacakan doa agar kegiatan yang dilangsungkan ini diberkahi oleh Allah swt.

Pada saat memberikan sambutan, kepala madrasah, Dra. Hj. Eva Anggraini, M.Si. menyatakan “Peminat lomba dalam Gebyar Prestasi Tsansa (Madrasah Tsanawiyah 1 Bukittinggi) ini selalu membludak. Hari ini, peserta berjumlah 552 siswa SD/MI se- Kota Bukittinggi dan Agam Timur.” Beliau sempat bertanya ke siswa-siswa SD/MI tersebut, “Siapa yang berminat masuk ke MTsN 1 Bukittinggi?” Hampir semuanya mengacungkan jari. “Wah, ternyata banyak peminatnya. Kalau begitu, ananda harus bisa bersaing secara sehat, ya karena yang akan diterima sekitar 320 siswa” sambung beliau. Langsung siswa-siswa tersebut mengiyakan.

Setelah Kepala madrasah, sambutan selanjutnya disampaikan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi. Beliau menyatakan “Dalam menempuh pendidikan, kita bisa meneladani tokoh Muhammad Hatta. Tokoh proklamator tersebut bisa kita tiru dari segi disiplin dan kegigihan dalam berjuang. Hari ini kita berharap mudah-mudahan dari Tsansa ini lahir tokoh-tokoh sehebat Bung Hatta."

Di sesi lain acara, setelah isoma, Tim Jurnalis Ekskul Poli Tsansa sempat “menghadang” dan “menodong” Kakankemenag dengan beberapa pertanyaan. Namun, beliau memiliki tanggapan nan spesial mengenai Gebi Tsansa tahun ini. "Gebyar MTsN Tsansa ini monumental dari tahun ke tahunnya dan dinanti-nantikan oleh murid SD dan MI. Mereka rindu dan tertarik dengan kegiatan seperti ini setelah rehat beberapa tahun lalu. Semoga gebyar prestasi ini lebih ditingkatkan, kalau bisa dua kali setahun gebyar."

Di lain kesempatan, Tim Jurnalistik Tsansa juga mewawancarai beberapa peserta gebyar mengenai alasan mereka untuk mengikuti kegiatan ini. Salah seorang siswa SDN 01 Benteng Pasar Atas, juga memberikan pendapatnya mengenai antusiasnya tentang madrasah ini. "Saya sangat semangat, kak, melihat suasana MTsN 1 yang bagus dan bersih ini" kata siswa yang bernama Algo dalam argumennya.

Selanjutnya, ada lagi argumen yang tak kalah menarik dari dua orang siswi dari SD Islam Al Azhar. "Kami mengikuti gebyar supaya bisa lulus masuk ke MTSN 1 karena fasilitas dan gedungnya yang bagus, membuat semakin tertarik masuk ke sekolah ini," kata mereka yang masing-masing bernama Assyura dan Najwa.

Tim Jurnalis Poli Tsansa juga mewawancarai orang tua dari peserta gebyar. Mereka menyatakan, "Tentunya ini pengalaman pertama kami mengantarkan anak untuk lomba di sekolah ini. Kegiatan ini bisa melatih kemampuan untuk belajar lebih tinggi dan menambah wawasan, mengikuti lebih banyak kegiatan aktif, menguji mental, mandiri dan berani" jawab salah satu orang tua yang bijaksana tersebut.

Nah, sekarang tibalah saat yang ditunggu-tunggu, yaitu pengumuman pemuncak-pemuncak lomba. Yap, berikut ini adalah hasil penilaian lomba Gebyar Prestasi Tsansa ke-8 tersebut. Pada bidang Matematika, Juara I diraih oleh Khalisa Ramadhani (MIN Kota Bukittinggi), Juara II diraih oleh Raisya Safira (SDN 23 Cibuak Ameh), Juara III diraih oleh Aqlula Ramadhan J (SDN 11 Gadut), Harapan I diraih oleh Adelia Nofri Adha (SDN 14 Gadut), Harapan II diraih oleh Nauli Alfaruqi (SDN 03 Pakan Kurai), dan Harapan III diraih oleh Kaila Safrina (SDN 03 Pakan Kurai).

Pada bidang IPA, Juara I diraih oleh Axel Alwi Sunca (SDN 01 Benteng Pasa Ateh), Juara II diraih oleh Hamidah Qurata Aini (SDN 01 Benteng Pasa Ateh), Juara III diraih oleh Asyifa Salsabila Latif (MIN Kota Bukittinggi), Harapan I diraih oleh Adzra Qurratu Aini (SDIT Cahaya Madani), Harapan II diraih oleh Verillo Alhendares (SDN 03 Pakan Kurai), dan Harapan III diraih oleh M. Syauqi Anandira (SDN 03 Pulai Anak Air).

Pada lomba pidato, Juara I diraih oleh Syifa Magna Joanna (SDI Excellent), Juara II diraih oleh Abrisyam Rafa (SD Jamiatul Hujjaj), Juara III diraih oleh Nasyilla Lutfi (SDN 08 Pakan Sinayan), Harapan I diraih oleh Nurul Azkia (SDN 14 Tigo Kampuang), Harapan II diraih oleh Kenzo Febrillo Al Hafiz (SDN 13 Parit Putuih), dan Harapan III diraih oleh Puti Rineta (SDN 18 Bukittinggi).

Pada lomba solo song, Juara I diraih oleh Latisa Aurelia Nadine (SDI Al Ishlah), Juara II diraih oleh Dio Sah Fitri (SDI Darul Makmur), Juara III diraih oleh Cantika Abelia (SDN 05 Tarok Dipo), Harapan I diraih oleh Rayhani Khairunnisa (SDN 08 Gadut), Harapan II diraih oleh Arjen Five Rooben (SDN 08 Kubu Tanjung), dan Harapan III diraih oleh Fatiha Refa Humaira (SD Jamiatul Hujjaj).

Setelah direkap, yang menjadi juara umum dan berhak membawa piala bergilir Gebi Tsansa tahun ini direbut oleh SD Negeri 01 Benteng, Pasar Atas, Bukittinggi. Sebelumnya, piala yang menjadi rebutan banyak SD dan MI se-Kota Bukittinggi dan Agam ini dipegang oleh SD IT Insan Kamil. Wah, untuk tahun depan, siapa lagi, ya?

Begitulah kemeriahan Gebi Tsansa tahun ini. Beragam daerah di Kota Bukittinggi dan Kabupaten Agam berbondong-bondong ingin masuk ke madrasah ini. Fasilitas nyaman, indah, asri, ramai, dan meriah menjadi beragam alasan orang tua untuk ingin memasukkan anaknya ke sekolah ini. ***



Share This Post To :




Kembali ke Atas


Berita Lainnya :
Komentar FB
Komentar Standar

Silahkan Isi Komentar dari tulisan berita diatas :
 
Silahkan Isi Komentar dari tulisan berita diatas
Nama
E-mail
Komentar

Kode Verifikasi
                

Komentar :


   Kembali ke Atas

Kembali ke atas